Sunday, November 27, 2011

Desain Pemodelan Grafik

Pemodelan adalah suatu proses untuk membentuk benda-benda objek.
Desain pemodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku behaviour objek bergantung waktu.

Disini saya akan menjelaskan salah satu dari desain pemodelan grafik yaitu Pemodelan geometris.
Pemodelan geometris adalah cabang dari matematika terapan dan komputerisasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk mendeskripsikan bentuk secara matematis.
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
·        Shape/bentuk 
·        Posisi 
·        Orientasi  (cara pandang) 
·        Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna , tekstur)
·        Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
·        Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna), dan banyak lagi

Pemodelan Geometris yang lebih rumit :

·        Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
·        Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
·        CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

Elemen-elemen Pembentuk Grafik:GEOMETRI




Leave a Reply